Minggu, 18 Januari 2015

Ending Pinocchio; semanis coklat






“Kebahagian yang berasal dari kebohongan tidak akan bertahan lama.”
–Choi Dal Po/Park Hye Ryun-


            Terkadang cobaan datang dari keluarga sendiri. Inilah yang dialami Reporter muda kita Choi Dal Po, Choi In Ha, Yoon Yoo Rae, dan Seo Bum Jo. Mereka bercita-cita untuk menjadi seorang reporter yang sebenarnya, tapi harus menghadapi kenyataan yang menyakitkan.  Orang-orang yang mereka sayangi justru memberikan luka yang sangat perih. 


salam perpisahan

Choi In Ha yang sangat merindukan ibunya dan mengira ibunya adalah orang yang baik. Justru adalah orang yang menghancurkan keluarga Choi Dal Po, pria yang ia cintai. Kakak yang sangat disayangi Choi Dal Po ternyata membunuh orang karena dendam, untung sebelum ada korban selanjutnya Ki Jae Myung bertemu dengan Choi Dal Po. Ibu yang lembut dan penyayang siapa sangka merupakan dalang atas segala kekacauan yang ada, membuat Reporter Song Cha Ok mengalihkan opini publik dan menjadikan kak Ki Jae Myung seorang pembunuh dan melakukan terror terhadap Choi Dal Po, Choi Ina, dan Song Cha Ok.    

Mereka bertiga mengalami pergulatan batin yang luar biasa, antara mempertahankan idealisme sebagai reporter atau melindungi orang-orang yang mereka sayangi. Tapi kenyataan adalah kenyataan, yang bersalah tetap bersalah. Choi Dal Po tetap melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang reporter. Ia melaporkan berita atas kejahatan yang dilakukan oleh kakaknya. Choi In Ha yang berusaha mendesak ibunya meminta maaf dan mengakui kesalahannya. Seo Bum Jo yang diam-diam menyelidiki ibunya bahkan menjadi umpan, agar ibunya mau mengakui semua kesalahannya. Para reporter kita memilih caranya sendiri-sendiri dalam mengungkapkan kebenaran kepada dunia. Memberitahukan apa yang seharusnya publik ketahui.    
     
Drama ini dikemas secara apik dengan plot dan alur cerita yang sangat rapi. Setiap bagian cerita saling berkaitan satu sama lain dan sangat berperan penting dalam cerita.  Dari awal kita mengenal ibu Seo Bum Jo alias Nyonya Ro Sa yang baik hati dan sangat polos. 


Ny. Ro Sa adalah klimaks yang sangat menghentakkan cerita. Siapa sangka Ny Ro Sa lebih buruk dari Reporter Song Cha Ok, bahkan kewarasannya pun perlu dipertanyakan. Namun sangat berhasil menjadi seorang ibu yang Seo Bum Jo. Ia sama sekali tidak membiarkan anaknya terkena percikan ‘kotoran’ yang telah ia lakukan. Tapi yang terpenting Seo Bum Jo tumbuh menjadi anak yang baik, sahabat yang setia, pria yang gentleman dalam menerima penolakkan In Ha dan kenyataan tentang ibunya.


Drama Pinocchio sungguh sempurna. Semua hal tertuangkan secara alami mulai dari bagian sosialnya, politik, persaingan dunia reporter, romance, persahabatan yang begitu mengaharukan, kekeluarga yang hangat, dan bumbu komedinya. Ramuan yang benar-benar lezat.


“Peterpan” menjadi judul kecil di episode terakhir Pinocchio. Novel Peterpan merupakan karya J.M Barrie yang menceritakan bahwa seorang anak yang bisa terbang menganalogikan sebuah kebebasan, sangat egois karena tak memikul tanggung dan tidak mau tumbuh menjadi dewasa dan hanya suka bermain-main saja di pulau Neverland yang terkenal akan keindahannyga. 


Para tokoh dalam drama ini juga berubah menjadi orang yang lebih dewasa. Song Cha Ok yang akhirnya mennyadari kalau ia bukanlah seorang reporter. Ki Jae Myung yang tidak lagi menyimpan dendam pada Song Cha Ok, Choi Dal Po yang mampu menahan emosinya saat mewawancarai Ny Ro Sa dan bersabar menunggu kakek merestui hubungannya denga Choi In Ha. Kakek yang pada akhrinya melepaskan Choi Dal Po sebagai anaknya dan merestui hubungan Choi In Ha.

 
Adegan termanis  semanis coklat pun sebagai penutup drama ini. Sebuah Gaun nan elegan seperti putrid duyung dikenakan  Choi In Ha. Klasik tuksedo dengan kerah kecil pakaian kasual yang sedang trend di kalangan anak muda dikenakan Choi Dal Po.  Pasangan kita sedang fiting baju pengantin dan memperlihatkan pada ayah In Ha dan kakek. Jadi kita anggap saja kalau merekan akan menikah. Tirai pun tertutup. Sebuah tanya mencuat mengingatkan kita pada episode awal. 


Cho In Ha: Ada yang ingin aku tanya.
Choi Dal Po: Apa?
Choi In Ha: Saat kita SMA, kenapa kau sangat ingin ikut kuis itu?
Choi Dal Po: Karena aku menyukaimu. Karena aku sangat menyukai….


-TAMAT-

* Terimakasih buat penulis, sutradara, para kru, aktor/aktris, dan orang-orang yang terlibat dalam proses pembuatan drama Pinocchio dan telah bekerja keras menyajikan drama yang berbobot tiap minggunya. 

 sampai jumpa lagi di drama berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar