Senin, 31 Agustus 2015

This is My Drama, What is Your Drana? - Part 2


5. Ending Drama
I. The Innocent Man atau Nice Guy



Biasanya penulis drama ini dikenal suka membuat sad ending. Tapi untuk drama ini tidak. Penulisnya mewujudkan harapan sederhana Kang Maru, yaitu memulai segalanya dari awal bersama Seo Eun Gi.

 
II. School 2013



Sampai pembagian rapot pun, Guru Jung dan Guru Kang tetap berharap muridnya Jung Ho untuk kembali ke sekolah. Dengan pura-pura melihat, Guru Kang bertanya “Kelas belum berakhir kan?”. Guru Jung hanya tersenyum saja. Karena mereka benar-benar ingin menunggu Jung Ho sampai kelas berakhir. 

III. The King 2 Heart 



Peperangan dicegah dengan cinta. Pertemuan rapat yang seharusnya membicarakan tentang peperangan korea selatan dan korea utara tiba-tiba diubah oleh Jae-Ha jadi pembahasan pernikahan. “Aku berencana menikah di hari itu bersamamu, kata Jae-Ha”. Yup! Raja korea selatan, yaitu Lee Jae-Ha menikah dengan prajurit militer korea utara, Hang-Ah di hari yang semestinya dua negara tersebut perang.  

6.      Penyanyi Soundtrack Drama
I.                    Yook Sung Jae


Dalam kurun waktu yang singkat, Yook Sung Jae mampu menyedot perhatian banyak orang, karena drama School 2015 – Who Are You. Ia didapuk mengisi  soundtrack drama tersebut yang berjudul Song Love. Lagu ini langsung berada diperingakat pertama chart music di korea. Dan baru-baru ini mengisi soundtrack drama Scholar Who Walks At Night. Kenapa? Karena vocal Sung Jae sangat indah.

II.                 Yoon Mi Rae


Yoon Mi Rae banyak mengisi lagu soundtrack drama karena suaranya dimilikinya. Seperti drama School 2015, It’s Okay That’s Love dll

III.               K. Will  

K. Will penyanyi pria solois ini juga banyak mengisi soundtrack drama korea. Seperi Pinocchio, The King 2 Heart, Best Love dll. 

7.      Aktris 
I.    Song Hye Kyo

 
Song Hye Kyo selain terkenal sebagai aktris berwajah cantik, ia juga dikenal dengan sifat ramah dan sederhananya. Rata-rata drama yang diperankan meraih kesuksesan. Dan drama yang membuatku mengenal onnie ini hingga menjadi aktris favoriteku adalah drama Endless Love dan Full House. Saat onnie akan comeback nge-drama bersama oppa Song Joong Ki, dengan judul Descendants of The Sun.

II.  Ha Ji Won Song Hye Kyo


Ha Ji Won aktris yang kukenal karena perannya di Secret Garden sebagai Gil Ra Im. Drama ini meraih kesuksesan besar pada tahun 2010. Ternyata sebelum bermain di Secret Garden, nama Ha Ji Won sudah tak asing lagi di dunia akting. Dia satu-satunya aktris korea yang bisa disebut midfielder atau yang suka bola pasti tahu, gelandang.

Kenapa? Karena Ha Ji Won selalu mampu membuat actor yang menjadi lawan mainnya berakting total, di luar batas kemampuan mereka dan akibatnya membuat para aktor itu menjadi actor top sekarang. Buktinya, Hyun Bin, Lee Seung Gi, dan Ji Chang Wook semakin bersinar setelah beradu acting dengannya. 

Ha Ji Won selalu mengoper bola pada timnya dan di saat bersamaan ia juga mencetak poin untuk timnya, karena Ha Ji Won tidak pernah memiliki keinginan untuk menonjol sendiri dan tidak egois.  

Ha Ji Won terkenal sebagai aktris yang bisa memerankan karakter apa pun. Baik drama action, melodrama, komedi, sports dll. Tapi menurutku, ia lebih terkenal sebagai aktris action. Ia juga jarang menggunakan stuntman dalam adegan berbahaya seperti di Secret Garden, The 2 King Heart dan Empress Ki. 

III.                 Gong Hyo Jin


Pertama kali aku mengenal Gong Hyo Jin di Romance In Pasta. Hampir semua karakter yang diperankannya unik-unik dan Ia suka pakai baju yang aneh-aneh di setiap dramanya. Seperti Best Love, Master Sun, It’s Okay That’s Love, dan Producer. Menurutku, ia sangat watak memerankan suatu karakter. 

IV.               Jun Ji Hyun


Aku mengenal Jun Ji Hyun lewat drama You Who Came From The Star. Ia sangat cocok memerankan tokoh Song Chun Yi yang bertingkah konyol. Ia juga disebut sebagai aktris yang mendapatkan bayaran termahal. Sesuai dengan kualitas akting yang dimilikinya. Itulah kenapa ia sangat jarang main drama. Ia lebih sering jadi model dan main layar lebar. 

V.              Park Shin Hye


Pertemua pertama kami, di You’re Beautiful. Ia berperan sebagai Go Mi Nam yang menyamar sebagai laki-laki. Park Shin Hye terkenal dengan akting naturalnya. Ia lebih sering memerankan tokoh yang polos, mellow dan tertindas. Namun drama terakhirnya Pinocchio, ia sedikit berbeda, Park Shin Hye lebih jadi orang periang. Ia termasuk arti multi talent. Selain acting, ia bisa bernyanyi, dance, main music, dan model.

VI.                Moon Chae Won 


Moon Chae Won saya mulai menyukainya sejak di Nice Guy, The Princes Man dan Good Docter. Dari ketiga drama ini, ia digambarkan sebagai cewek tomboy nan berani tapi ia sangat manja. Bahkan sosok Suh Eun Gee yang kasar, tomboy, manja masih kebayang di kepala saya.
8.      Aktor
I.                    Song Joong Ki


Pertemuan pertama kami di Sungkyunkwan Scandal. Song Joong Ki berperan sebagai pelajar Sungkyunwan yang terkenal playboy, fashionable. Ia bromance dengan Yoh Ah In. kemudian yang bertransformasi sebagai manusia srigala dalam film A Warewolf Boy yang membuat namanya makin bersinar. 


Dan terakhir menjadi pemuda baik tapi bernasib buruk di The Innocent Man sebagai Kang Ma Roo. Dia terlanjur memiliki image yang buruk. Kini, aku sedang menanti drama terbarunya Descendants Of The Sun. Dia juga sempat menjadi anggota tetapnya Running Man. Dan alasannya aku liat Running Man karena ada Song Joong Ki. Julukkannya di Running Man adalah flower boys. Aku berharap ia kembali lagi ke Running Man. Pliss… 



II.                 Kim Soo Hyun



Aku mengenalnya lewat peran Song Sam Dong di Dream High, pemudang kampong nan polos bermimpi jadi penyanyi. Lalu berubah jadi seorang raja yang bijak, cerdas dan setia pada satu perempuan. Terakhirnya, sang raja berubah jadi alien tampan berhati dingin yang tinggal di sebelah apterment aktris terkenal dalam You Who Came From The Star.

III.               Lee Jong Suk


Saat bermain bermain di Secret Garden aku belum ngeh sama Lee Jong Suk. Mungkin karena terlalu focus sama Hyun Bin dan Ha Ji Won. Aku sadarnya, saat ia berakting di School 2013 bersama Kim Wo Bin. Di sini ia bereperan sebagai pelajar kelas 2 SMA yang kerap ditindas. Tapi, ternyata ia adalah Tsunami, sebutan untuk orang yang jago berantam. Lalu, ia masih betah jadi seorang pelajar di I Hear Your Voice. Dan drama terakhir yaitu Pinocchio, ia berperan jadi seorang reporter baru. 

IV.              Park Seo Joon



Aku baru menyukainya saat bermain di Kill Me Heal Me, padahal debut aktingnya di Dream High 2. Ia pandai bernyanyi dan ngedance. Dan saat ini ia kembali dengan drama barunya She He Was Pretty. Di sini ia kembali dipertemukan dengan Hwang Jung Eum yang sebelumnya pernah bekerjasama di Kill Me Heal Me sebagai kakak beradik. Namun, di drama terbaru ini mereka akan jadi pasangan kekasih.  
   
V.                Yook Sung Jae


Ah, bicara soal Yook Sung Jae buatku senyam-senyum sendiri. Maklum lah soalnya aku lagi hangat-hangatnya fall in love sama Sung Jae (yah, digetok melody baru tau). Walau masih terbilang actor baru, tapi Sung Jae kemampuan cukup di bidang acting sangat bagus. 



Tokoh Gong Tae Kwang yang diperankannya di School 2015 – Who Are You berhasil mencuri hatiku dan banyak penonton. Jadi sosok anak sekolah yang “slengan” (pake bahasa apaan sih) maksudnya anak bandel di sekolahnya. Tapi bandelnya itu menggemaskan. Apalagi pas adegan ia bertengkar dengan ayahnya, Sung Jae mampu mengekpresikan emosi anak korban broken home. Lalu sikapnya yang cute banget sama Lee Eun Bi buat hati terklepek-klepek. Itulah banyak penonton sangat kecewa dengan ending drama ini, karena penulis tidak berpihak pada Gong Tae Kwang. Aku sih berharap Sung Jae kembali dipertemukan denga So Hyun di drama lain selanjutnya. 



Oya, ternyata Sung Jae ini adalah anggota boyband Btob. Ia memiliki suara emas yang indah. Dan jago dance dan ngerap. Jujur, tak ada satu pun boyband yang benar-benar aku sukai, sampai akhirnya sekarang aku menyukai Btob karena Sung Jae. Meski awalnya begitu, sebenarnya Btob adalah boy band yang pantas disukai dengan kemampuan mereka yang memadai.



VI. Lee Sung Gi


Sebenarnya aku mengenal Lee Sung Gi sejak di Brilliant Legacy, tapi aku baru menyukainya di King 2 Heart. Karena sosok Lee jae Ha yang awalnya orang yang suka bermain-main (tidak bertanggung jawab) dan tidak berambisus, berubah menjadi orang yang bijak, bertanggung jawab dan menggunakan kecerdasaannya setelah ia dinobatkan jadi Raja Korea. 



Sebenarnya tiap kategori, saya memiliki lebih dari tiga favorite, jadi membuat saya sedikit sulit untuk memilih yang terbaik di antara yang terbaik. Tapi kenapa aktris dan actor lebih dari tiga? Yah, enggak apa-apa lah anggap aja bonus. Habis kepala saya sudah pusing harus memilih yang mana. Jadi, ini adalah dramaku, lalu apa dramamu?

Minggu, 30 Agustus 2015

This is My Drama, What is Your Drama? - Part 1


Note: Artikel ini akan aku bagi menjadi dua part ya.
Bercerita tentang drama, tak kan pernah terlepas dari tema yang diusung. Tema menarik adalah dasar dari kesuksesan sebuah drama. Hal yang memancing perhatian para penontonnya. Jadi sebuah ide cerita tergantung dari seorang penulis skrip yang kreatif dan inovatif. Ide cerita bagus, aktor dan aktris yang bagus, ditambah tim eksekusi yang bagus. Tentunya akan menghasilkan drama fenomenal. Drama yang sepanjang masa akan terus dikenang oleh penontonnya.    


Sebenarnya aku suka genre drama atau film apa pun, asal menarik dan unik. Tapi, seperti yang kalian tahu lima tahun belakangan ini aku sangat fall in love nonton drama asal negri ginseng. Aku akan merangkum judul apa saja yang paling kusukai serta aktor, aktris, penulis, soundtrack lagu hingga para rekaper (penulis synopsis darama) yang ada di Indonesia. Aku akan membuatnya menjadi delapan kategori karena bulan ini bulan Agustus. Cekidot..
1. Judul Drama
Drama yang baik adalah drama yang mampu membuat penonton terhibur dan yang paling penting dapat memberi pelajaran yang berharga bagi penikmatnya.
I.      Romance In Pasta

Drama ini bercerita tentang impian, persaingan dan cinta dalam urusan masak-memasak. Seo Yoo Kyung yang bercita-cita menjadi koki pasta terbaik. Ia bekerja sebagai assiten dapur di restoran La Sfera selama tiga tahun,  tiba-tiba dipecat oleh chef barunya yang bernama Choi Hyun Wook, karena peraturan yang konyol, yaitu, tidak ada yang boleh pacaran di dapurnya. Tentunya, Yoo Kyung tidak terima. Kalian tahu, siapa yang akan menang, antara orang keras kepala dan pemarah melawan orang yang tak kenal menyerah? Tentunya, orang yang tidak pernah menyerahlah yang akan menang. 



Yoo Kyung kembali ke La Sfera, bahkan ia pacaran dengan chef Choi, karena peraturan yang dibuat chefnya, mereka terpaksa menyembunyikannya. Cinta mereka pun diwarnai dengan cinta segiempat antara bos restoran yang menyukai Yoo Kyung dan mantan pacar chef Choi. Persaingan cinta dan persaingan antar koki ditambah makanan-makanan yang lezat dan indah dipandang, membuat drama ini benar-benar sedap dilihat. Aku masih ingat ciri khas Chef Choi, dengan sumpit super besar dia akan mencicipi makanan sebelum dihidangkan di meja, kalau tidak enak ia akan berkata “Ulang” atau perkataannya “Kau dipecat!!”
 
II.      School 2013

Drama ini mengangkat tema dunia remaja dan sekolah. Menggambarkan kewajiban dan hak murid, guru dan orangtua. Sungguh cerita yang sangat membuatku terharu dan terenyuh. Peran guru Jung yang sangat perhatian, peduli dan sabar terhadap murid-muridnya. Sehingga, semua muridnya bahakan yang paling nakal pun menyayanginya. Berbagai konflik sekolah mewarnai cerita ini, seperti pebullyan, murid yang merokok, mengocas uang teman, merode mengajar, ujian sekolah, prestasi, semua bersatu padu. Kalimat yang paling kuingat saat Guru Jung menulis diari karena galau dipecat kepala sekolah. “Belum saatnya melepaskan tangan mereka” dan ditambah bait-bait puisi dari guru maupun muridnya. (insya Allah aku akan membuat artikel tersendiri tentang puisi di School 2013). 


Ditambah bromance Lee Jong Suk dan Kim Wo Bin mewarnai drama ini. 
III.      Pinocchio

Choi In Ha yang cegukan setiap kali berbohong, membuat ia tidak dapat merahasiakan apa pun, termasuk perasaannya terhadap Dal Po. Drama yang mengisahkan tentang pengaruh dunia reporter berita baik dari sisi positif dan negatif. Dan bagaimana seharusnya peran seorang reporter sebagai penyampai berita. Selain itu juga dibubuhi dengan kisah keluarga yang sederhana yaitu, sosok kakek Cho In Ha yang kerap meletuk kan kata-kata yang bijak untuk anak dan cucunya.
2.     Penulis Naskah
Setiap ada drama bagus, pasti saya akan bertanya siapa sih penulisnya? Karena di balik akting yang memukau, pengkarakteran tokoh yang kuat, jalan cerita yang membius ketahuilah terkandung dedikasi tinggi seorang penulis naskah. Di korea penulis adalah peran penting dan sangat dihargai. Untuk menjadi seorang penulis mereka harus memiliki wawasan luas. Soalnya drama korea menuntut mereka untuk menghadirkan kenyataan ke dalam sebuah naskah atau cerita. Itulah kenapa saat kita melihat drama, kita seakan-akan langsung berhadapan dengan tokoh dan konfliknya. 
I.      Hong Sister


Hong sister terdiri oleh Jung Eun dan Mi Ran. Mereka sangat jenius dalam meciptakan drama komedi romantis, seperti You’re Beautiful, My Girlfriend Is a Gumiho, Greatest Love (Best Love) dll. Katanya, sih tips mereka menulis karena mempunyai dua otak. LOL. (ialah kan dua orang).
II.      Park Hye Ryun 



Park Hye Ryun nama melambuk sejak menulis naskah Dream High. Menurutku, penulis satunya selalu mengambil tema yang sangat dekat dengan kehidupanku. Ia sering menyisisipi sisi fantasi dalam dramanya, kehidupan sosial, sindiran-sindiran halus dan etika kita pada orang lain. Misalnya, drama I  Hear Your Voice. Ia menciptak tokoh Park So Ha yang bisa membaca pikiran orang hanya dengan melihat matanya dan Choi In Ha yang selalu cegukan setiap kali ia berbohong di Pinocchio. Dan ketiga karya itu sudah kulihat. Kini ia kan come back dengan drama terbarunya Page Turner.
III.      Park Ji Eun


Park Ji Eun adalah penulis drama fenomenal You Who Came From The Star dan Pinnochio. Gaya tulisannya selalu ada prolog dan epilog di setiap episode yang membuat satu episode lebih dari 60 menit.

3.     Penulis Sinopsis Drama (Recaper) 
Ada 2 cara menikmati drama, pertama menonton langsung dan  kedua membaca sinopsisnya. Sekarang banyak recaper Indonesia yang menulis synopsis drama korea. Namun ini adalah blog yang paling saya kunjungi.
I.      Mbak Mumuzizi
Aku bertemu sama mbak Muzi karena I hear Your Voice. Gayanya tulisannya sangat sederhana yang membuat kita mengerti. Tulisannya di posting di blog Berbagi Sinopsis. Dan tak jarang membuat acara. Saya salah satu pemenang di GA2.
II.      Mbak Fanny
Mbak Fanny dengan nama blognya Kdramatized. Mbak fanny selalu memberi komentar di akhir sinopsisnya yang membuat pembaca semakin mengerti. Dan ciri khasnya yang menulis secara detail drama dengan menggunakan bahasa yang ringan.
III.      Mbak Dee
Mbak Dee mampu membuat pembaca senyum-senyum sendiri karena tulisannya, padahal uda nonton drama tersebut. Karya tulisannya diposting di blog Kutudrama. Tapi sekarang blog tersebut dikelola oleh 2 orang (kalo enggak salah).
4.    Lagu soundtrack drama
I.      Do not Think You’re Alone


Lagu soundtrack Drama School 2013, yang dinyanyikan Kim Bo Kyung ini, memiliki lirik yang menyentuh. Musik, nada dan suara Kim Bo Kyung melebur menghasilkan emosi.  “Sebenarnya kau tak pernah sendiri” inilah yang ingin disampaikan dalam lagu ini.
II.      Love Song

Soundtrack School 2015-Who Are You ini dinyanyikan oleh Yook Sung Jae personil Btob. Dilantunkan dengar irama yang ceria dan ringan. Dapat menghangatkan hati siapa pun yang mendengarnya.
III.      Kill Me Heal Me  

Soundtrack Kill Me Heal Me lagu yang tenang tapi menghanyutkan. Suara rapp dan lembut berpadu manis.
Bersambung ke Part 2...